Agar Makanan Bersantan Tidak Cepat Basi, Lakukan 4 Tips Berikut ini!
Info Wakuliner 11 - 23 July 2019
 
Tips
News
 

Makanan yang mengandung santan cenderung lebih cepat basi daripada makanan berkuah yang tidak menggunakan santan. Kalau sudah basi, mau tak mau makanan harus dibuang karena tidak layak lagi dikonsumsi. Sayangkan, kalau harus buang makanan enak seperti opor ayam, sayur lodeh, kari, dan makanan bersantan lainnya.

Nah, agar makanan bersantan yang sudah kalian masak tidak cepat basi, kalian bisa menerapkan 4 tips di bawah ini.

1. Masak Makanan Sampai Matang

Agar makanan bersantan tidak cepat basi dan bertahan lebih lama, pastikan kamu memasak hingga benar-benar matang, lebih dari mendidih. Jangan matikan kompor saat masakan sedang mendidih, tapi biarkan dulu sampai masakan yang awalnya mendidih mulai tenang kembali, artinya santan benar-benar sudah matang.

2. Gunakan Santan dari Kelapa Tua

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah memilih kelapa tua untuk membuat santan. Disarankan tidak menggunakan santan instan, tapi santan segar yang diperoleh dari perasan kelapa yang diparut. Pilihlah kelapa yang sudah tua, agar santan yang dihasilkan dapat bertahan lama dan tidak mudah membuat masakan basi. Selain itu, santan dari kelapa tua dapat membuat masakan lebih gurih daripada santan kelapa muda.

3. Jangan Ditutup Saat Masih Panas

Seringkali kebanyakan orang menutup makanan bersantan yang masih panas agar tidak terkena debu. Hal tersebut memang memiliki tujuan yang baik, tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan menutup masakan bersantan dalam kondisi panas bisa membuat makanan cepat basi. Usai memasak, taruh masakan dalam wadah dengan keadaan terbuka, sehingga uap bisa keluar. Setelah mendingin, barulah tutup makanan dan letakkan di ruangan yang bersih.

4. Simpan di Lemari Es

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu menyimpannya di dalam lemari es. Cara ini untuk menghindari makanan terkontaminasi dengan udara dan bakteri yang bisa menyebabkan makanan cepat basi. Namun, pastikan makanan bersantan yang akan kalian simpan di dalam lemari es dalam keadaan dingin, jangan ketika masih panas. Jika ingin menyantapnya kembali, kamu bisa menghangatkan lagi.

Mudahkan? Ikuti tips di atas untuk membuat makanan bersantan bertahan lama. Bagi kalian yang ingin menyantap makanan bersantan atau menu lainnya untuk acara besar keluarga, kalian bisa gunakan jasa katering dari Wakuliner.

Sebagai platform katering online, Wakuliner telah meraih prestasi sebagai Best e-Commerce Starup sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas makanannya. Tak hanya itu saja, melalui program Wakupeduli. Wakuliner juga menunjukkan kepaduliannya terhadap kebutuhan makanan bergizi untuk anak-anak panti asuhan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan berbagai menu di Wakuliner dan rasakan kelezatannya.

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Sumber: Hock; Glitz Media

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru