Buat Opak Gambir Gurih Sendiri? Ini Resepnya
Info Wakuliner 10 - 23 July 2019
 
Tips
 

Apakah kalian sudah pernah makan camilan opak gambir? Opak gambir dikenal juga dengan istilah lain yaitu kue semprong. Ini merupakan makanan ringan khas dari kota Blitar. Rasanya yang manis dan gurih cocok dijadikan camilan saat santai maupun kegiatan rapat bersama di kantor. Bahan utama pembuatan opak gambir adalah tepung terigu. Kalian bisa menemukan camilan gurih ini di Wakuliner lho, tentunya dijual dengan harga terjangkau.

Namun, kalau kalian ingin mencoba membuat opak gambir sendiri di rumah, berikut ini resep bahan dan langkah pembuatannya. Simak ya!

Bahan-Bahan:

Tepung beras, santan kental, gula pasir (gula putih), telur, kayu manis (bubuk), minyak goreng, dan bahan tambahan lain sesuai selera, seperti biji wijen, cokelat, rasa vanila, dan sebagainya.

Langkah Pembuatan

Jika semua bahan sudah tersedia, saatnya kalian mengeksekusi bahan dan mengolahnya menjadi camilan gurih opak gambir.

1. Campurkan tepung terigu kira-kira 125 gram dan gula pasir (4 sendok makan) di dalam wadah.

2. Tambahkan bubuk kayu manis (1/4 sendok teh) dan tuangkan santan kelapa 200 ml. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

3. Selanjutnya, masukkan 2 telur dan aduk kembali sampai tercampur rata.

4. Masukkan bahan tambahan pilihanmu, seperti biji wijen atau cokelat atau bahan lainnya. Lalu aduk-aduk sampai rata.

5. Setelah adonan jadi, panaskan cetakan opak gambir dan olesi dengan sedikit minyak goreng.

6. Jika sudah panas, tuangkan sedikit demi sedikit adonan pada cetakan dan tekan.

7. Tunggu hingga matang, lalu angkat.

Bagaimana, mudahkan? Wakulovers bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, kalau kalian membutuhkan opak gambir untuk camilan acara rapat atau open house di kantormu, pesan saja katering opak gambir di Wakuliner secara online.

Salah satu fitur di Wakuliner adalah platform katering online yang siap melayani berbagai menu, mulai dari makanan berat, minuman, hingga makanan ringan sebagai camilan seperti opak gambir cokelat. Platform ini sudah terbukti berkualitas dengan meraih penghargaan sebagai Best e-Commerce Startup se-ASEAN di tahun 2019. Menariknya lagi, Wakuliner tidak hanya meningkatkan kualitas makanan dan pelayanannya, tapi meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan gizi anak-anak.

Kepedulian tersebut diwujudkan dalam program Wakupeduli dengan berbagi makanan kepada anak-anak dhuafa dan panti asuhan. Wakulovers juga bisa turut melancarkan program Wakupeduli dengan memesan katering di Wakuliner.

Jadi, tunggu apalagi segera pesan opak gambir atau menu makanan lainnya untuk karyawan perusahaanmu hanya di Wakuliner. Kalian bisa memesannya melalui aplikasi online Wakuliner yang bisa diinstal di smartphone kalian. Mudahkan?

Wakuliner, All in One Culinary App!

Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Referensi:

http://resepsembok.blogspot.com/2017/08/resep-membuat-opak-gambir-yang-renyah.html

https://adira.co.id/sahabatlokal/opak-gambir-1

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru