Perbedaan Kuliner Nasi Nusantara
Wakuliner - 10 July 2019
 
Tips
Rekomendasi
Story
 

Indonesia memang kaya. Kaya hasil alamnya, kaya budaya, kaya tempat wisata dan kaya kuliner khasnya. Di Indonesia, belum bisa disebut sudah makan kalau belum makan nasi. Nasi merupakan bahan makanan utama di Indonesia. Uniknya, orang-orang Indonesia di masing-masing daerah pandai mengolah nasi untuk jadi sajian yang lezat. Meski sama-sama berasal dari beras, nasi di penjuru nusantara memiliki karakter berbeda di setiap daerah. Nah, kita akan bedah perbedaan nasi-nasi dari beberapa daerah di nusantara. Apa saja? Kuy kita simak!

1. Nasi timbel
Nasi timbel adalah masakan Sunda yang populer di Jawa Barat dan Banten. Makanan ini biasanya dibuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang.
2. Nasi liwet
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Nasi liwet juga ada yang versi Sunda. Perbedaannya bisa Wakulovers cek disini .
3. Nasi uduk
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Nasi uduk ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.
4. Nasi tutug oncom
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom menjadi makanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadi makanan khas, tutug oncom dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena sekarang sudah tersedia tutug oncom instan yang telah dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa menggunakan pengawet.

Itu dia Wakulovers, olahan nasi dari beberapa daerah di nusantara. Semuanya wajib banget kalian coba karena citarasanya yang lezat dan menggugah selera. Kalau Wakulovers ingin menyajikan nasi-nasi ini di acara kalian, atau memesan katering nasi box dengan menu salah satu dari nasi-nasi diatas, bisa lho kalian pesan di Wakuliner. Sajikan menu unik agar acaramu tidak membosankan!

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777



by Nyemas Dinda

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru