Uniknya Gado-Gado dari 3 Daerah Berbeda di Nusantara
Info Wakuliner 9 - 23 July 2019
 
Story
 

Gado-gado merupakan salah satu makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus. Makanan ini bisa disantap langsung dengan sambal kacang maupun dengan tambahan nasi atau lontong. Bisa dikatakan kalau gado-gado adalah "salad of java" karena terdiri dari berbagai macam sayuran. Walaupun terkesan sama, namun ternyata beberapa daerah memiliki ciri khas mengolah gado-gado yang berbeda-beda.
Berikut ini ada 3 daerah di Nusantara yang memiliki resep gado-gado tersendiri dengan cita rasa yang khas.

1. Gado-Gado Khas Betawi - Jakarta
Warga Jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan ini, bukan? Makanan peranakan Cina ini sebenarnya meniru konsep salad dari Belanda. Gado-gado khas Betawi dibuat dengan beberapa bahan utama berupa sayuran seperti kubis/kol, bayam, tauge, dan kacang panjang.
Dilengkapi pula dengan kentang rebus, tahu goreng yang diiris, mentimun, hingga telur rebus yang dibelah. Kemudian disiram dengan saus atau sambal kacang di atasnya. Tak ketinggalan toping bawang goreng yang ditaburkan di atasnya beserta tambahan kerupuk atau emping.
2. Gado-Gado Khas Surabaya – Jawa Timur
Selanjutnya, di Surabaya, Jawa Timur juga memiliki menu gado-gado yang cukup unik yaitu pada saus kacang yang digunakan. Jika pada gado-gado Betawi, saus kacang dibuat dengan cara diulek dan diaduk di dalam cobek, berbeda dengan saus kacang pada gado-gado khas Surabaya.
Gado-gado yang satu ini menggunakan santan kelapa dalam pembuatan saus kacangnya. Kacang sangrai, bumbu halus, dan tambahan santan kelapa diblender menjadi satu. Secara umum, sayuran yang digunakan sama dengan gado-gado Betawi. Namun proses penyajiannya sedikit berbeda, dimana semua sayuran yang sudah matang ditata dalam piring lengkap dengan kerupuk, barulah disiram dengan saus kacang.
3. Gado-Gado Khas Padang - Sumatera Barat
Yang membuat unik dari gado-gado khas Padang yaitu tambahan mie kuning. Sementara, kerupuk yang digunakan untuk gado-gado Padang ini cukup unik yaitu kerupuk warna pink atau merah. Secara umum, sayuran yang digunakan sama seperti pada gado-gado pada umumnya. Pembuatan saus kacang pada gado-gado Padang, seperti gado-gado Surabaya yaitu menggunakan tambahan santan kelapa.
Wakulovers, kalian juga bisa mencoba mengolah membuat gado-gado dari ketiga daerah di atas. Namun, jika kamu membutuhkan katering dengan menu gado-gado untuk cara tertentu, jasa katering Wakuliner siap menerima pesananmu.
Wakuliner sebagai jasa katering online yang dinobatkan sebagai Best e-Commerce Startup se-ASEAN yang sudah tidak diragukan lagi kualitas masakannya. Bahkan, Wakuliner dengan program Wakupeduli aktif meningkatkan kesejahteraan pangan dengan memberikan makanan sehat gratis kepada kaum dhuafa dan anak-anak panti asuhan.
Tunggu apalagi, pesan paket gado-gado atau menu lainnya di Wakuliner dengan mudah melalui aplikasi online.
Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Sumber: IDN Times

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru