Pempek Enak Nikmatnya Sampai Ke Lidah
Wakuliner - 17 May 2019
 
Tips
Rekomendasi
Story
 

Tahukah kamu makanan khas Sumatra Selatan yang satu ini? Namanya sudah tidak asing lagi karena sudah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Pempek ini biasanya wajib ditemani saus khasnya yang berwarna hitam kecoklatan yang memiliki rasa pedas asam yang khas yaitu cuka atau biasanya disebut dengan cuko oleh masyarakat Palembang.

Cuka atau cuko terbuat dari air yang sudah dididihkan, kemudian ditambahkan dengan campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, garam, dan udang ebi jika ingin menambahkan. Awalnya cuko ini selalu dibuat pedas oleh masyarakat asli Palembang, alasannya adalah untuk meningkatkan cita rasa dan nafsu makan. Tetapi seiring berkembangnya makanan pempek di luar daerah provinsi Sumatra Selatan, cuka atau cuko ini sering dibuat manis agar penikmat makanan pempek yang tidak menyukai pedas bisa memakannya juga. Pelengkap lain dari pempek adalah irisan timun segar, mie kuning, dan soun.


Sejarah Pempek

Sebenarnya makanan pempek sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke-16. Nama pempek atau empek-empek berasal dari sebuah sebutan yaitu “apek”, yang artinya adalah lelaki muda dari keturunan Cina.

Pada awalnya pempek dibuat menggunakan daging ikan belida, namun karena harga ikan belida mahal dan juga ikan belida jarang ditemui, maka daging ikan belida digantikan dengan daging ikan gabus, karena sama-sama gurih dan harganya juga lebih murah. Namun pada perkembangan selanjutnya pempek mengalami banyak variasi perpaduan daging ikan, mulai daging ikan air tawar seperti ikan tomak dan ikan bujuk, dan juga ikan laut seperti ikan tenggiri, dan ikan kakap merah dan sebagainya.


Jenis Pempek

Jenis makanan pempek pada saat ini sangatlah bervariasi karena tercampurnya budaya yang ada di provinsi lain yang dipadukan dengan makanan ciri khas Sumatra Selatan ini. Dari satu adonan pempek biasanya menghasilkan banyak variasi, tetapi bergantung pada komposisi dan cara pengolahan terakhir dan penyajiannya juga.

Pada saat ini makanan pempek sudah dipadukan dengan bahan modern seperti pempek keju, pempek daging sapi, pempek sosis, bahkan warga Palembang saat ini membuat pempek menggunakan bahan dasar dari terigu dan campuran nasi untuk pengganti ikannya. Karena keunikan dari ciri khas makanan Palembang ini, ada beberapa makanan yang terinspirasi dari pempek, seperti celimpungan, model, laksan, lenggang, dan tekwan.

Kamu malas untuk membuat adonannya? Malas untuk meracik bumbunya? Kamu bisa kok memanfaatkan Aplikasi Wakuliner pada fitur Kuliner Nusantara. Pesan langsung Pempek yang kamu mau di Wakuliner via mobile app kami atau mengunjungi laman kami di wakuliner.com/kulinernusantara. Pokoknya dijamin deh, beli di Wakuliner adalah pilihan yang tepat dan terpercaya.


Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777



By : Melinda Wongso

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru