Perbedaan 5 Jenis Cuka Yang Biasa Kita Pakai
Wakuliner - 23 July 2019
 
Tips
Rekomendasi
Story
 

Hai Wakulovers! Yang sering makan bakso di warung pasti sering menjumpai sebotol cuka bertengger cantik di atas meja bersama sambal, kecap, saus dan garam. Ya, cuka memang menjadi pelengkap rasa yang berkontribusi memberi citarasa asam dan segar. Cuka juga sering digunakan dalam campuran bumbu masakan. Terlebih masakan Cina, Jepang, Korea. Nah, saat belanja di supermarket atau di pasar, kita akan menemukan banyak sekali jenis cuka. Jika kita tidak paham cuka yang kita butuhkan, bisa-bisa nanti bingung memilihnya. Supaya tidak bingung, yuk kita simak perbedaan 5 cuka yang biasa kita pakai hasil riset dari resepkoki:

1. Cuka putih
Cuka inilah yang biasa kita temui di warung bakso. Cuka ini sering dipakai untuk masakan-masakan Indonesia. Rasa dan aromanya cukup tajam karena cuka ini berasal dari penyulingan alkohol. Selain itu, warnanya yang putih bening membuat cuka putih sering dicampurkan ke makanan berkuah bening dan juga acar.

2. Cuka apel
Cuka apel terbuat dari fermentasi sari apel atau ampas buah apel, jadi masih ada rasa-rasa apel ketika kita cicipi. Cuka apel umum dipakai untuk salad dressing, marinasi daging, atau campuran saus tomat. Warnanya cokelat kekuningan dan mirip seperti warna jus apel. Selain masak, cuka apel juga kerap dijadikan toner untuk perawatan wajah, lho!

3. Cuka beras
Nah ini dia cuka yang banyak dipakai campuran masakan negara-negara Asia seperti Cina, Jepang, Korea, Vietnam, dan tentu saja Indonesia. Dari namanya saja kita bisa tahu kalau cuka ini merupakan fermentasi dari beras. Dan tahukah Wakulovers, ternyata tidak hanya beras putih, hampir semua jenis beras juga difermentasikan menjadi cuka. Aneka beras ini menghasilkan masing-masing rasa yang unik. Semakin terang warnanya, maka aroma dan rasanya semakin ringan. Aroma dari cuka beras secara umum lebih ringan dari cuka buah atau biji-bijian. Oleh karena itu, cuka beras sering dipakai untuk acar, sushi, bumbu tumis, salad dressing, dan saus.

4. Cuka anggur
Sudah barang pasti, cuka ini terbuat dari fermentasi minuman anggur atau wine. Ada dua jenis cuka anggur, yakni cuka merah dan cuka putih. Warna-warna tersebut bergantung pada wine yang digunakan. Cuka anggur merah memiliki tekstur yang pekat dan kental, biasanya digunakan untuk marinasi daging-dagingan merah seperti daging sapi. Nah, kalau cuka anggur putih berwarna bening atau kekuningan dengan rasa yang lebih kecut dari cuka anggur merah. Cuka anggur putih biasa dipakai untuk daging-dagingan berwarna putih seperti ayam atau ikan. Untuk pemakaiannya, cuka anggur bisa ditemui di masakan-masakan Eropa dan Mediterania.

5. Cuka balsamik
Cuka yang satu ini istimewa! Perpaduan rasa manis dan asam membuat cuka ini cocok dengan segala jenis hidangan, mulai dari tumisan asin, sayur-sayuran, hingga buah-buahan. Cuka balsamik merupakan fermentasi dari jus anggur. Jadi Wakulovers, pada dasarnya, cuka ini memiliki tiga jenis dan yang lebih sering dipakai adalah cuka balsamik modern. Cuka balsamik tradisional hanya bisa ditemui di daerah asalnya di Italia, dan sama halnya dengan wine, cuka ini bisa difermentasi hingga 150 tahun, loh! Lama juga, ya? Tapi kalau ingin merasakan cuka tradisional yang tak perlu menunggu sampai 150 tahun, anda bisa coba cuka balsamik campuran yang sudah melalui proses modern juga.

Itu dia perbedaan cuka yang biasa kita pakai. Selain cuka-cuka diatas sebetulnya masih ada banyak cuka yang terbuat dari buah lain, cuka aren, cuka kelapa dan lainnya. Jika Wakulovers ingin membeli cuka, kalian bisa memesannya di Wakuliner ya! Bisa dikirim ke seluruh Indonesia gratis ongkir hingga 20.000 pula. Selamat berbelanja!

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777


by Nyemas Dinda

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru